Baik itu menabung, membelanjakan atau meminjamkan uang, mampu mengelola keuangan seseorang adalah keterampilan hidup yang penting. Tetapi tidak semua orang melakukannya dengan cara yang sama. Banyak budaya berpikir di luar kotak dan menggunakan praktik kreatif untuk mencapai hasil yang sama.
Panduan berilustrasi indah dari Budget Direct ini memungkinkan Anda mengetahui beberapa hal paling menarik yang dilakukan orang-orang di seluruh dunia dengan uang mereka, dalam bahasa asli mereka, untuk memberi Anda gambaran tentang cara kerja di tempat lain.
Caja de Ahorros (Panama)
Antara hadiah, makanan dan perjalanan, perayaan besar seperti Natal bisa mahal untuk keluarga. Untuk memastikan liburan tidak merusak bank, orang-orang di Panama membayar angsuran bulanan ke dalam caja de ahorros sepanjang tahun. Ketika musim Natal tiba, mereka menerima jumlah penuh untuk dibelanjakan untuk apa pun yang membuat liburan mereka istimewa.
Geld Stinkt Nicht (Jerman)
Secara keseluruhan, Jerman adalah masyarakat uang tunai. Orang Jerman menggunakan uang tunai untuk sekitar 80 persen dari pembelian mereka, menghindari kartu kredit dan utang pribadi.
Meskipun alasannya mungkin berakar pada sejarah negara, mentalitas “uangnya tidak bau” memungkinkan mereka mempertahankan hubungan fisik dengan uang tunai – dan tetap lebih sadar tentang bagaimana mereka membelanjakannya.
Zakat (Pakistan)
Zakat adalah praktik pemberian yang agak murah hati, dan di Pakistan itu dimandatkan oleh hukum. Prinsipnya mengharuskan semua orang untuk menyumbangkan setidaknya 2,5% dari pendapatan mereka untuk amal dan mereka yang kurang beruntung.
Dikatakan untuk mengajarkan disiplin diri dan membebaskan mereka yang berlatih dari menjadi terobsesi dengan mengumpulkan harta materi.
Harambee (Kenya)
Di negara-negara di mana mendapatkan pinjaman untuk berinvestasi dalam bisnis dapat menjadi tidak mungkin, masyarakat sudah mulai membentuk sistem kredit mereka sendiri. Di Kenya, ini telah melihat munculnya harambee, inisiatif yang diprakarsai oleh masyarakat di mana para peserta mengumpulkan uang mereka bersama-sama dan menggunakannya untuk proyek yang dibutuhkan masyarakat.
Tunjangan (AS)
Seringkali (meskipun tidak selalu) terkait dengan penyelesaian pekerjaan rumah tangga, tunjangan seorang anak adalah pertemuan pertama mereka dengan konsep tanggung jawab keuangan. Sementara orang tua yang berbeda mengambil pendekatan yang berbeda, praktik pemberian uang saku membantu mengajar anak-anak bahwa mereka harus bekerja keras dan menyimpan penghasilan mereka untuk mendapatkan hal-hal yang mereka inginkan.
Kuri Kalyanam (India)
Semua orang menyukai pesta yang baik, dan cara apa lagi yang lebih baik untuk mendorong orang-orang menyumbang uang kepada Anda daripada membuang yang besar? Di India barat daya, pihak kuri kulyanam dilemparkan untuk mengumpulkan uang untuk pengeluaran besar, seperti menyelenggarakan pernikahan atau membangun rumah.
Setiap tamu yang diundang diharapkan untuk membuat sumbangan uang tunai – tetapi ada tangkapan. Ketika giliran tuan rumah untuk menghadiri pesta kembali, mereka diharapkan memberi dua kali lipat apa yang mereka terima.
Harisma (Yunani)
Pernikahan adalah kesempatan yang menggembirakan, karena ini menandai awal dari pasangan bahagia yang memulai perjalanan hidup bersama. Untuk membantu mereka dalam perjalanan, tamu pernikahan Yunani bergantian menyematkan uang pada pakaian pengantin dan pengantin saat mereka menari.
Ini mungkin metode memberi, mungkin, tapi sangat berharga pada akhirnya.
Susu (Jamaika)
Susu dipraktekkan di banyak negara Karibia, termasuk Jamaika, dan komunitas emigran mereka di Amerika Serikat dan Kanada. Dibangun di atas ikatan kepercayaan, uang yang terkumpul diberikan kepada satu orang untuk dibelanjakan untuk pembelian besar, seperti mobil atau investasi dalam pendidikan.
Ini memungkinkan orang yang mungkin tidak memiliki akses ke lembaga keuangan formal untuk menyimpan dan meminjam uang.
Cukup jelas: cara orang-orang di seluruh dunia menangani uang tunai sangat beragam seperti negara itu sendiri. Praktik uang unik apa yang dilakukan negara, komunitas, atau keluarga Anda?